Class-based Music Program

Dampak program aktif dari kelompok musik pada remaja dalam penghargaan diri dan mengekspresikan kemarahan. Program pelatihan music instrumental di kelas dilakukan pada 2 kelas 7, dimana 2 kelas lainnya memakai music elektif pilihannya.

Penghargaan diri dan pengekspresikan kemarahan dinilai dengan Culture Free Self-esteem Inventories Third Edition (Battle, 2002) and the State Trait Anger Expression Inventory (Spielberger, 1991) pada sebelum dan sesudah 4 minggu pelaksanaan program music baru. Kemampuan akademik dinilai dengan tes akademik terstandarisasi yang diduga bekorelasi positif dengan penghargaan diri.

Namun, durasi singkat tambahan program music ini tidak berefek signifikan dan memerlukan waktu lebih dari 4 minggu untuk mendapatkan efek positifnya..


Knox Anderson, Holly and Rickard, Nikki S. A Preliminary Examination of Short-term Effects of an Active Class-based Music Program on Young Adolescents' Self-esteem and Anger Expression. Australian Journal of Music Education, No. 1, 2007: 4-16. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar