Program DRUMBEAT ini dikembangkan oleh Holyoake Institute di
Australia Barat, sebagai respon terhadap isu pemuda Indigenous Australian yang kurang beruntung dalam sistem pendidikan
dan eksklusi sosial.
Tujuan diadakannya program ini untuk mengikutsertakan semua orang
muda dalam belajar bersosialisasi sehingga mereka mampu memadukan antara kehidupan
sekolah dan komunitas secara menyeluruh.
Metode yang digunakan yaitu memakai hand drumming (drum tanpa
menggunakan stik seperti gendang) dalam menghasilkan suatu alunan musik.
Secara umum, musik memiliki korelasi yang sangat kuat dalam proses
penyembuhan (melepaskan emosi, rasa memiliki, koneksi dengan komunitas,
mengurangi pengucilan sosial) dan meningkatkan perolehan akademik. Partisipasi
dalam DRUMBEAT juga berkaitan dengan pengurangan rasa stress dan cemas serta
meningkatkan mood.
Bermain drum merupakan hal yang umum bagi semua budaya di
Australia termasuk Indigenous Australian (Aborigin dan Torres Strait Islander),
meski berbeda jenis drumnya. Program Holyoake DRUMBEAT menghindari
membeda-bedakan budaya maupun ritme tradisional yang mengandung unsur etnis
atau budaya tertentu. Musik diciptakan murni dari hasil kerjasama dan
keterampilan grup serta menghindari unsur kompetisi didalamnya.
Design :
Partisipan dibagi dalam grup-grup kecil yang masing-masing berisi maximal 12 orang.
Hal ini bertujuan agar tercipta pengembangan relasi inter-personal yang optimal
antar member grup maupun fasilitator. Dilaksanakan dalam 10 minggu saat sekolah
aktif dengan 1 jam pertemuan setiap minggunya. Terdapat pula extended version
sampai dengan 60 jam total. Fasilitator yang membimbing partisipan telah
terakreditasi dari University of Western Australia.
Hasil : Partisipan dari program ini
menunjukkan peningkatan rasa percaya diri, penurunan dari perilaku berisiko
(termasuk bullying), dan
penurunan angka pembolosan sekolah.
Faulkner, S. et al. (2010).
Holyoake’s
Drumbeat Program: Music as a Tool for Social Learning and Improved Educational
Outcomes. The Australian Journal of Indigenous Education, Vol 39. Downloaded from http:/www.cambridge.org/core. Gadjah Mada University, on 25 Oct 2016 at 12:35:25
Tidak ada komentar:
Posting Komentar