HOLYOAKE'S DRUMBEAT PROGRAM

Program DRUMBEAT ini dikembangkan oleh Holyoake Institute di Australia Barat, sebagai respon terhadap isu pemuda Indigenous Australian yang kurang beruntung dalam sistem pendidikan dan eksklusi sosial.

Tujuan diadakannya program ini untuk mengikutsertakan semua orang muda dalam belajar bersosialisasi sehingga mereka mampu memadukan antara kehidupan sekolah dan komunitas secara menyeluruh.

Metode yang digunakan yaitu memakai hand drumming (drum tanpa menggunakan stik seperti gendang) dalam menghasilkan suatu alunan musik.

Secara umum, musik memiliki korelasi yang sangat kuat dalam proses penyembuhan (melepaskan emosi, rasa memiliki, koneksi dengan komunitas, mengurangi pengucilan sosial) dan meningkatkan perolehan akademik. Partisipasi dalam DRUMBEAT juga berkaitan dengan pengurangan rasa stress dan cemas serta meningkatkan mood.

Bermain drum merupakan hal yang umum bagi semua budaya di Australia termasuk Indigenous Australian (Aborigin dan Torres Strait Islander), meski berbeda jenis drumnya. Program Holyoake DRUMBEAT menghindari membeda-bedakan budaya maupun ritme tradisional yang mengandung unsur etnis atau budaya tertentu. Musik diciptakan murni dari hasil kerjasama dan keterampilan grup serta menghindari unsur kompetisi didalamnya.


Design         : Partisipan dibagi dalam grup-grup kecil yang masing-masing berisi maximal 12 orang. Hal ini bertujuan agar tercipta pengembangan relasi inter-personal yang optimal antar member grup maupun fasilitator. Dilaksanakan dalam 10 minggu saat sekolah aktif dengan 1 jam pertemuan setiap minggunya. Terdapat pula extended version sampai dengan 60 jam total. Fasilitator yang membimbing partisipan telah terakreditasi dari University of Western Australia.

Hasil             : Partisipan dari program ini menunjukkan peningkatan rasa percaya diri, penurunan dari perilaku berisiko (termasuk bullying), dan penurunan angka pembolosan sekolah. 



Faulkner, S. et al. (2010). Holyoake’s Drumbeat Program: Music as a Tool for Social Learning and Improved Educational Outcomes. The Australian Journal of Indigenous Education, Vol 39. Downloaded from http:/www.cambridge.org/core. Gadjah Mada University, on 25 Oct 2016 at 12:35:25


Tidak ada komentar:

Posting Komentar