Saya Afifah, tertarik mengenai program-program
yang bias dilakukan untuk mengontrol maupun mencegah diabetes tipe 2. Berikut adalah
salah satu artikel yang saya dapat mengenai program pencegahan diabetes.
Kahnawake Schools Diabetes Prevention Project
(KSDPP) adalah program berbasis komunitas yang dijalankan selama 3 tahun
sebagai pencegahan primer untuk non-insulin-dependent diabetes mellitus di
komunitas Mohawk, Kanada. Program ini bertujuan untuk menpromosikan pola makan
yang sehat dan aktifitas fisik pada siswa Sekolah Dasar. Target program ini
adalah untuk siswa, guru, dan keluarga. Program ini terdiri dari:
1.
Developing Personal Skills
Fokus utama dari intervensi adalah pengembangan dan
implementasi program pendidikan kesehatan untuk anak-anak di kelas 1-6. Kurikulum ini, dibuat oleh seorang
dietitian dan perawat dari rumah sakit komunitas mengenai gizi,
kebugaran, diabetes, tubuh manusia, dan gaya hidup sehat. Materi tersebut disampaikan dalam 10 pertemuan
dengan masing-masing 45 menit tiap pertemuan per tahun dalam 1 kelas. Pelajaran menggabungkan gaya belajar tradisional
dan pengalaman praktis dan menggunakan teknik pembelajaran interaktif dan kooperatif yaitu bercerita,
permainan, mencicipi makanan, eksperimen, pertunjukan boneka, kerajinan, dan presentasi
audiovisual. Bagian gizi membahas makan yang sehat, makanan
seimbang, makanan ringan yang sehat, menghindari lemak tinggi, nutrisi dan
peran mereka, membaca label
makanan, faktor yang mempengaruhi kebiasaan makan, citra tubuh, dan berat badan ideal. Makanan
tradisional, serta makanan yang biasa dimakan di masyarakat, dimasukkan seluruh bagian ini.
Bagian kebugaran menekankan manfaat dan kesenangan dari aktivitas fisik sehari-hari dan berbagai jenis
kegiatan: aerobik, kekuatan, dan fleksibilitas. Akhirnya, bagian dari diabetes
menggambarkan NIDDM dan konsekuensinya dan bagaimana hal itu dapat
dicegah. Selama tahun pertama perawat dan dietitian menyampaikan program di
hadapan guru kelas. Guru kemudian menerima pelatihan untuk
kemudian menyampaikan kepada siswa.
2. Strengthening Community Action
KSDPP menggunakan media lokal untuk iklan setengah halaman, liputan pers acara dan kegiatan
dikoran lokal, iklan layanan masyarakat dan talk show di radio lokal, poster di lokasi publik mengenai gaya hidup sehat. KSDPP juga mendukung kelompok
masyarakat yang ada seperti pameran kesehatan dan panen, serta beberapa kompetisi olahraga. Komunitas Dewan Penasehat
diciptakan untuk memastikan keterlibatan luas masyarakat, pemberdayaan,
dan dorongan keberlanjutan jangka panjang yang terdiri dari anggota dari kesehatan,
pendidikan, politik, rekreasi, sektor sosial, spiritual, ekonomi, dan
swasta
dari Kahnawake. Anggota didorong
untuk menjadipanutan bagi gaya hidup sehat dan untuk mempromosikan tujuan dari proyek ini.
3. Creating Supportive Environments
KSDPP mendorong perbaikan dalam
lingkungan fisik dan norma-norma sosial untuk mendukung gaya
hidup sehat. KSDPP membuat program seperti berburu harta karun 5-km, kontes
membuat
patung salju, dan perlombaan sekolah dasar. KSDPP berpartisipasi
dalam organisasi dari berbagai kegiatan untuk mendukung gaya
hidup sehat, termasuk demo masak sehat. Proyek ini telah menciptakan
program-program seperti Klub jalan dan lari, kelas line dancing, voli, klub
makan
sehat,
dan untuk anak ada klub menari dan klub senam.
4. Healthy Public Policy
KSDPP telah berhasil melobi Dinas Pendidikan Kahnawake untuk membuat kebijakan gizi sekolah. Sebagai
hasilnya, kantin sekolah hanya menyediakan akanan sehat (rendah lemak,rendah gula,
makanan tinggi serat, dan tidak ada '' junk '' food)Dan siswa diwajibkan untuk
membawa makan siang yang sehat danmakanan ringan. Salah satu sekolah
menambahkan pendidikan fisik ekstra kelas setiap minggu. Insentif (hadiah)
disediakan untuk guru dan kelas yang mengintegrasikan
ekstra
kegiatan fisik dalam rutinitas sehari-hari
mereka.
Secara umum, program ini
tidak memerlukan banyak biaya namun memerlukan kerjasama dari berbagai pihak
yang terkait.
Sumber: http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0091743597902413
Tidak ada komentar:
Posting Komentar